Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kritik Tajam Penonton Bikin Penulis Ikatan Cinta Minta Maaf, Elsa Lolos Penjara Cacat Logika Hukum


Kritik tajam penonton membuat penulis Ikatan Cinta minta maaf setelah membuat jalan cerita yang dinilai tidak masuk akal. 

Jalan cerita yang tidak masuk akal itu tampak dari lolosnya Elsa dari jeratan hukum karena pengakuan ibunya, Sarah. 

Sarah yang tidak mau Elsa masuk penjara mengaku kepada polisi jika dirinya adalah pembunuh Roy lalu dengan mudah masuk penjara. 

Penonton yang sudah gemas berharap penjara jadi hukum karma untuk Elsa tentu kaget karena tiba-tiba jalan cerita tak sesuai ekspetasi. 

Alhasil, penulis skenario kepala (head writer) Ikatan Cinta, Donna Rosamayna jadi bulan-bulanan penonton. 

Bahkan Donna Rosamayna yang sempat tak aktif di Twitter selama 5 bulan kembali memakai medsos demi meminta maaf kepada penggemar yang ramai bersuara di Twitter.


Ramainya, kritik di Twitter berawal saat penonton ramai menyuarakan protes soal cacat logika serta inkonsistensi alur dengan cara pikir penulis skenario (plot hole) melalui media sosial.

Terutama di platform Instagram dan Twitter.

Fokus protes warganet bertumpu pada penangkapan Elsa (Glenca Chysara) yang berubah jadi penangkapan Sarah (Natasha Dewanti ) beberapa hari lalu.

Lebih lagi, banyak yang melihat porsi cerita berat sebelah antara pasangan pemeran utama yang satu dan pasangan pemeran utama yang lain.


Buat setiap bagian cerita yang tidak berkenan, bikin darting (kata slang untuk marah dan kesal), cacat logika, pengen banting tv, dan lain sebagainya. Aku minta maaf ya,' tulis Donna Rosamayna melalui @donna_rosamayna, Rabu (14/7/2021) siang.

Cuitan permintaan maaf dari penulis cerita Ikatan Cinta mengagetkan penggemar hingga menyerbu kolom komentar akun Twitter Donna Rosamayna.

Tak lupa, para penggemar dunia maya ini melemparkan berbagai saran, terutama untuk mengangkat tema keseharian.

'Kalau tidak sempat survey profesi untuk tema serius, mending tema-tema keseharian mbak. IC menjadi pilihan berbagai kalangan intelek. Kritik yang masuk bukan karen tidak suka Nino, tapi lebih ke posesif cinta kami ke IC. Kami punya harapan besar agar IC selalu tetap menjadi pilihan,' tulis akun @jagoan_tenan


Kesulitan syuting luar ruangan akibat pelaksanaan PPKM Darurat ini menyebabkan banyak penulis cerita harus merombak cerita hingga kelimpungan mengubah jalinan cerita.

'Kalau tidak sempat survei jangan ambil tema yang berat dulu. Bahkan ada salah satu bagian cerita IC yang dibahas di klinik hukum. Ini juga tontonan setengah warga indonesia. Harapan nya bisa buat contoh masyarakat. Bukan buat masyarakat semakin tidak bener,' kata @Ulvatus1

Ucapan warganet soal kesalahan proses penangkapan ini ada benarnya.

Kesalahan soal prosedur penangkapan sempat masuk dalam pembahasan penyedia jasa hukum, Hukum Online.

Melalui akun Instagram mereka, Senin (12/7/2021), @klinikhukum mempertanyakan prosedur penangkapan menurut Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Menurut mereka, penangkapan yang hanya berdasarkan keterangan atau pengakuan tersangka tak cukup membuktikan seseorang bersalah.

Namun, harus menyertakan alat bukti lain, minimal dua alat bukti. Alhasil, bukti lain harus dicari.

Tambahan pula, pengakuan tersangka hanya satu alat bukti dan tidak bernilai pembuktian yang kuat.

Bukan hanya itu, hebohnya isu kekesalan ini dipicu oleh penulis cerita yang lebih condong mengetengahkan Nino (Evan Sanders) sebagai pihak tersakiti.

Sampai ada yang menyebut, justru semua akar masalah berasal dari Nino.

Namun sebenarnya para penggemar hanya ingin mengkritik alur cerita Ikatan Cinta agar tak melenceng.

'Siang Mbak Donna... Semoga sehat selalu dan semoga alur IC diperbaiki sesuai dengan yang seharusnya Kita memberi masukan bukan menjatuhkan karena kita sayang IC beserta seluruh keluarga besarnya Salam sehat selalu," ungkap @ninjab3393syo.

Sebab beberapa penghuni jagat Twitter mengakui mulai menonton sinetron lagi setelah Ikatan Cinta tayang.

'Siang mbak Donna, sebelumnya terima kasih atas karyanya, karena jujur ini sinetron pertama yang beneran saya tonton, karena saya terhibur banget.

Saya cuma mau tanya. Elsa sudah mulai dikuliti, tapi Nino? Kenap malah semkin dekat dengan Reyna? Padahal dosanya juga banyak ke Reyna dan Andin,' ungkap @tas_andin

'Apapun itu, kritik ini karena saya sayang sekali sama IC, Semoga semua sehat2 ya,' lanjut @tas_andin

Ucapan salah satu warganet dibalas langsung oleh Donna Rosamayna.

'Terima kasih sudah memberikan tontonan yang luar biasa, banyak sekali moral value dan pengetahuan yang saya daptakan dari ikatan cinta,

Saya berharap Mbak Donna legowo menerima ocehan dari penonton dan kami memberikan saran/kritik bukan karena benci Nino, maaf jika ada salah kata, sehat selalu mbak,' tanggap @pirangnya_andin.

'Iya dear.. aku bacain loh. btw, siapa sih yang nggak benci sama kelakuannya Nino?,' balas Donna Rosamayna.


Terlepas dari kontroversi jalan cerita Ikatan Cinta, Amanda Manopo sebagai pemeran utama saat ini tengah bersedih karena kondisi kedua orangtuanya. 

Melansir dari unggahan Instagram, orangtua Amanda Manopo saat ini tengah sakit. 

Dalam unggahan, Amanda Manopo mendoakan agar orangtuanya cepat sembuh.

Rekan kerja Arya Saloka ini juga mengungkapkan perasaan sayang terhadap orang tuanya.

"Cepet sembuh mami dadi I love you Miss you so much", kata Amanda Manopo dalam caption.

Amanda Manopo juga berdoa menyerahkan semuanya kepada Tuhan yang Maha Esa.

'I leave my family in your hands God I pray for your wonderfull blessing May everyone feel your presence, your strenght and your love,' tulis Amanda Manopo.

Artinya: 

'Aku serahkan keluargaku di tangan-Mu Tuhan, aku berdoa untuk berkat-Mu yang luar biasa. Semoga semua orang merasakan kehadiran-Mu, kekuatan dan cinta-Mu'

Selanjutnya, Amanda Manopo juga mengungkap kerinduan terhadap peliharaannya dan main motor di jalan raya.

'Kangen motoran,' katanya.


Terkait hal ini, Amanda Manopo blak-blakan mengaku rindu rumah.

Tampaknya pemeran Andin itu mengalami homesick lantaran kondisi orangtuanya yang sakit.

Akankah pemeran Andin terpaksa rehat syuting sementara?

Hingga berita ini dimuat, Amanda Manopo tampak sudah mencairkan kegalauannya di lokasi syuting.

Bukan Amanda Manopo namanya jika tidak bisa mengatasi kesedihan dengan beragam kelakuan kocaknya di tempat syuting Ikatan Cinta.

sumber: suryamalang.tribunnews